[Book Review / Review Buku] Galaksi Kinanthi – Tasaro GK



Judul Buku : Galaksi Kinanthi
Pengarang : Tasaro GK
Penerbit : Salamadani
Penghargaan : Best Writer
FLP Award 2005
IKAPI Award 2006 & 2007
Tebal : 438 halaman

Cerita seputar seorang penulis besar di New York asal Indonesia, perjalanan hidupnya bener-bener wah! Besar di sebuah pedesaan dengan keluarga yang dicap miring oleh orang-orang disekitarnya, ngelewatin masa kecil yang penuh cibiran, Kinanthi rupanya masih punya seorang teman yang mau melindunginya, namanya Ajuj, anak seorang Rois desa. Seperti kisah umumnya, pertemanan masa kecil mereka ditentang kedua orang tua, tapi mereka sulit sekali dipisahkan. Ajuj selalu membantu kinanthi, melawan orang-orang yang menghina kinanthi, menemani kinanthi saat tidak ada satupun yang mau berteman dengannya, sekalipun ajuj seringkali kena omel bahkan kena tangan orang tuanya, yang tidak rela kalau anaknya bergaul dengan Kinanthi.
Tapi suatu hari, Kinanthi ternyata harus meninggalkan desa, dan tentunya Ajuj, Kinanthi mulai menjalani kehidupan yang mungkin paling berat. Kerja dikota, bahkan dikirim menjadi pekerja ke Luar negeri. Bener-bener jalan kehidupan yang mungkin gak akan pernah disangka pernah dijalani oleh seorang penulis besar New York. Disana kinanthi bertemu dengan seorang editor tibetan, Zhaxi. Setelah mengalami banyak kejadian, dan menetap begitu lama di Amerika, ternyata ada sesuatu yang mengganggu Kinanthi terus menerus dan memaksanya kembali ke Indonesia. Gimana kelanjutannya, silakan baca sendiri.. 
Cerita romancenya mungkin masih seputaran itu, mirip romeo juliet, tapi gaya nulis Tasaro GK, emang bener-bener hebat. Banyak ilmu-ilmu baru yang saya dapet dari buku ini, membuktikan ilmu yang dimiliki penulisnya bukan main-main. Bukunya gak cuman mengupas sisi romancenya, tapi juga sisi kemanusiaan, ngebuka mata kita soal nasib para pekerja di luar negeri sana, jalan Alloh yang gak akan pernah bisa kita duga, dan masalah-masalah yang kadang bikin greget sendiri. Buat saya pribadi, ada beberapa,yaa..lumayan banyak kata-kata yang bikin bingung, karena jujur saya gak ngerti dengan yang dibahas, tapi itu gak terlalu mempengaruhi saya buat memahami jalan cerita. Ikut sedih saat karakter utamanya sedih, dan kadang-kadang bikin gumam-gumam waahh..karena ilmu-ilmu sains yang ada di beberapa bagian buku.

(A/N ::
Buku ini adalah buku yang bikin puyeng saat baca bab pertama. Serasa jadi orang yang gak tau apa-apa. Bab pertama asalnya hampir bikin nyerah dan berpikir lebih baik berhenti baca. Merk-merk fashion muncul (padahal saya buta fashion abis, ==;), selain itu muncul banyak istilah yang lumayan bikin jidat berkerut, apaan tuh??. Bab pertama emang ditulis dengan gaya yang berbeda (sotoy mode on..hehe), setelah maksain baca bab 1, dan lanjut ke bab 2. Gaya nulisnya bener-bener kerasa berubah. Latar tempat bab 1 dan bab 2 emang beda jauh. New York dan di Indonesia. Novel ini bertema romance.

Yang agak bikin terganggu adalah, saya kan minjem buku ini dari perpustakaan daerah, nah, orang yang minjem sebelum saya, ternyata malah nyorat-nyoret ini buku, meski pake pensil, tapi kayanya tetep aja itu gak pantes dilakuin,, ini bukan buku pribadi. Dia juga nulisin pendapat dia soal kata-kata atau kalimat yang dia rasa aneh, dan itu lumayan ngeganggu. Yaah..mudah-mudahan kita semua sama-sama introspeksi deh, biar bisa ngebedain milik pribadi yang bisa diperlakukan sesuai keinginan, dan milik umum yang perlu dijaga baik-baik dan gak sembarangan dirusak. )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s