I have no title for this post..


ITs gonna be a long  post.. i wrote this on my computer more than a week ago.. and i’ll just post this .now,, while listnening to  わすれないでーDBSK. Wuah, junsu’s voice soooo soft..

Waktu SMA, rasanya ingin cepat merasakan bangku kuliah. Sewaktu kuliah, rasanya ingin cepat lulus dan kerja. Yeah.. sometimes i become impatient to get a new experience in my life, or is that one of the proof that i still can’t be grateful and enjoying my present time? Keke.. I think its one of the reason too. I finished my last college project around December, got my yudisium time around march (Owh..thats a long wait for me ==; ), and now still waiting for my graduation ceremony. Masih belum tahu kapan waktu wisuda tepatnya, kemungkinan sekitar september? Yup,,yup..yup, berarti ijazah masih belum dapat, dan mengandalkan mencari pekerjaan pakai surat kelulusan sementara. Its though time. Looking for a job isn’t that easy. Especially when ‘paper’ or ‘academic title’ become the main factor to get a job. Its boring enough. Almost 5 months i’m unemployed, and doing nothing than online, sometimes checking any kind of job opportunity, sometimes buying newspaper to read the job opportunity there, sometimes buying crossword puzzle book to filled, doing daily chores at home, watching variety show or movie to killing time, yeahh.. soooo comfort ==;. Oh..scracth that. Its B.O.R.I.N.G..

I applied about six ? or ten ? job opportunities online, but so far, i just got one chance to interview, and i can’t attend it, because its in the other city and i got the information about the interview so late that i didn’t get enough time to search for the place. I applied 1 walk interview for bank, but i failed in psikotest. Aigoo.. i’m deadly curious now about the result of the psikotest. Did i get genious result so the company afraid to hire me? Haha..kidding. Thats my first fail at psikotest for job, i dissapointed enough, but fortunately the same day i attend a job fair and got appointment to be trained and interviewed in the next day. It makes me a little bit suspicious, because, the staff of the company only makes us to fill some form, give them our CV then they just give us an invitation. And its for all who fill the form i think. Yeah,, but whatever. I just hope to get a job at that time so i must attend the appointment and throw all my worries to trash.

Oh,,i’m tired using english. Haha.. Sedikit kurang beruntung di hari yang dijanjikan buat training dan interview. I’m doing some house chores and i think i’m too relaxed so i didn’t realized that my wall clock is broken!! How great.. Disuruh jam setengah sembilan sudah ada ditempat, dan saya baru sadar jam ngaco sekitar jam 8, padahal untuk ke tempat training butuh waktu sekitar 40 menit-an karena macet dsb. Sempet berpikir kalo ga jadi ikut aja, malu kalau telat dan kemungkinan ngeganggu acara (haha.. here it comes, my overwhelmed anxiety ). Tapi akhirnya memutuskan untuk mencoba dulu. Untungnya udah survey tempat sehari sebelumnya jadi gak perlu nyari gedungnya dan langsung datang. Untungnya ternyata masih lumayan banyak yang sama-sama telat. ==;.

I’ve never attend any job interview, so, i just follow the flow. But as the invitation said, its not interview, but its training! We gathered in a class, and then the HRD comes and start talking about the job. Sejujurnya, materi training itu mengingatkan saya pada sebuah MLM. Cara HRD itu ngomong, presentasi yang dibawainnya, dan perkenalan dari staf perusahaan itu. Tapi, ya.. karena beda, dan HRD itu ngomong dan memastikan kalau itu bukan acara ataupun MLM, sekali lagi, mencoba membersihkan pikiran soal MLM dari kepala dan nyoba menyerap ilmu yang dikasih. Apalagi waktu itu, sebelum HRD mulai bicara ini itu, kita melakukan psikotest. Dan beneran.. saya yakin psikotest itu hasilnya jauh lebih jelek dari psikotest untuk ngelamar ke bank. Pertanyaan soal logika saya Cuma jawab 1 dari 5/ 10(saya lupa soalnya) dan tes yang berkenaan soal indeks saham,nama bursa saya bener 1 salah satu dan sisanya gak terjawab dari sekitar 5 pertanyaan.dan parahnya, saya ngantuk saat ngisi itu psikotest, dan nulis ocehan gak jelas soal diri saya di pertanyaan untuk menjelaskan diri sendiri. Aiyayay.. tapi ternyata HRD itu bilang mereka gak jadi pake hasil psikotest karena hasilnya jelek semua. Oh, lupa ngasih tau, kita sekelas jumlahnya 50-70 orang yang di training. Meski sedikit aneh (1. Karena HRD itu sempet ngusulin meriksa hasil psikotes bareng-bareng, yang buat saya itu cukup aneh, 2. Kalo hasil psikotes jelek semua, kenapa masih ngasih kesempatan untuk terus training?), tapi karena toh dengan gak dipakainya hasil psikotes itu saya masih diuntungkan dan gak rugi sama sekali, saya buang jauh-jauh rasa aneh itu.

Yang aneh tapi menguntungkan lainnya dari training itu adalah, kita ternyata training selama 2 hari, dan tebak apa? Kita dapat makan siang gratis selama dua hari itu. Wuah.. baik banget perusahaannya, saya rada curiga lagi (haha.. blame me), tapi karena HRD itu sempet bilang kalau salah satu visi? Atau misi? Atau slogan ? perusahaan itu adalah memberi sebanyak-banyaknya niscaya gak akan rugi, saya cuman bisa bersyukur dan makan kenyang */tabok*.

Sebuah hal yang terus menerus ngingetin saya sama MLM di training itu adalah Bapak HRD itu ngomong soal seleksi alam, takdir pertemuan dengan beliau yang pasti ada tujuannya, bapak itu juga ngorek-ngorek soal impian (Oh..blame my MLM experience that lasted for a year so i’m a little sharp about this kind of matter), dan di hari kedua, di slide persentasi muncul hal-hal dan impian yang udah berhasil diwujudkan orang yang bekerja di perusahaan itu, kemudian mengundang kepala cabang yang menceritakan cerita inspirasional tentang katak (Oh.. dan cerita ini meski beda dikit. Tapi masih cerita katak yang pernah dibawain diacara dreambook??*kalo gak salah itu nama acaranya yang di MLM yang pernah saya ikutin*..haha, pernah denger kan ? banyak juga itu di buku motivasi dan pengembangan diri : tentang katak yang berlomba mencapai sesuatu, tapi banyak yang gagal gara-gara di teriakin kata-kata yang bikin down oleh penontonnya,dan Cuma satu katak yang berhasil dan dia adalah katak yang tuli.), dan gaya ngomong kepala cabang itu bener-bener mirip upline bintang sekian saya di MLM dulu.

HRD itu bilang, dia hanya punya sekitar belasan lowongan untuk diperebutkan, tapi jujur, sejujur-jujurnya saya punya feeling di hari kedua itu kalau pada akhirnya semua orang yang ada disitu bakal diterima, dan ternyata bener. Meski awalnya hanya 10 orang yang dipanggil, di akhir, HRD itu nyuruh kita semua yang ada dikelas (70 orang-an tadi) untuk mulai kerja besoknya. I’m happy but still it feels weird.kekeke.. Setelah itu saya pulang kerumah, nyampein kabar bahagia itu ke ibu dan pastinya beliau seneng, saya pun seneng lyat beliau seneng.. J

Besoknya, saya dateng ke ruangan. Ah, iya sebelum pulang kemarinnya, saya dikelompokkan sama beberapa orang dan ditunjukkan kantor tempat saya akan bekerja. Pas masuk, wuah.. langsung ditepuk tangannin dan diteriakin rame banget deh. Yang terlintas di kepala saya apa ? “Kayak waktu saya di MLM, menunjukkan tim yang kekeluargaan yang menyambut dengan senang hati anggota baru.hehe..” kita disuruh memperkenalkan diri, terus nyatet nama dan nomer handphone baru deh boleh pulang.

Besoknya saya dateng ke kantor dan yah,, mulai mencium lagi bau-bau sistem MLM. Garis bawahi kata sistem, bukan MLMnya. Karena memang itu bukan perusahaan MLM, tapi berhubungan dengan saham. Nah, selama dua hari training, belum dijelaskan rinci apa yang harus kami/ saya kerjain. Pas hari itu baru dijelasin, dan duh,, saya langsung terdiam dan makin pasang mata dan telinga setelah tau pekerjaannya berhubungan dengan rekrutmen. Lagi-lagi, ini bau sistem MLM. Saya pindah mendengarkan dari satu orang ke orang lain yang udah bergabung lebih dulu di perusahaan itu, dan seperti yang saya pernah belajar waktu di MLM : kalo orang udah negatif, dia akan makin tajem menemukan hal-hal negatif , dan mengacuhkan hal positif yang sebenernya masih ada. Dan.. eng-ing-eng..makin lama, saya makin diem, sambil masih masang mata dan telinga memperhatikan semua kejadian dan gerak-gerik orang yang ada disitu. Makin ilfill-lah saya saat nemuin banyak hal yang bertentangan sama yang disebut-sebut HRD waktu training, mulai dari soal perusahaan itu BUMN atau bukan, soal gaji dan persyaratan mendapatkannya, soal cara kerjanya. Oh.. dan tebak.. saya kabur jam 4 sore, sejam sebelum jam pulang. Bareng salah satu kenalan disitu yang sama-sama baru. Entah kenapa, saya kesel banget saat itu, apalagi setelah salah satu ‘manager’ itu yang entah lagi ngelamun entah apa, ngelyatin saya dengan tatapan gak ngenakin banget. Kita sempet ketemu pandang, tapi dia masih ngelyatin saya dengan tatapan itu dan jujur itu bikin ngeri.

Sooo.. i go back home. Telling my mom that i think i’ll stop to work there. And fortunately, my mom understand and cheered me up.. wuah.. its some great experience.kekeke.. why i met with that kind of job again ? Not that i hate the job.. but when i got to know the company,, i think the MLM system is more,more,more better. Haha.. and for additional information, i’m quit MLM because of some person, and i think some of my upline in the MLM break the rule of the right system and its not suit me. It means,, i believe the system of the MLM, but i can’t believe people who run the system. I found there, in some case, dream make people doing even bad things. So , i quit, and feeling betrayed and hated MLM moreover i got the news (after i quit) from my friend who quit not too long after me, that there is an upline who used us just to get his own benefit..ohhh.. it makes me hate MLM sooo much and a little bit afraid to know anything related to that. But the experience about the job,, make me a little bit better now. And it makes me thing. Bad things happened for a reason, maybe we just can’t find the reason at that time so some of us sometimes blame something or someone, but when we got worse thing happened to us or we found the reason in the latest time, we could feel so blessfull for experiencing the bad things..

Leave a Reply

