Cara melepaskan diri dari sakit kepala tanpa obat


(oleh : Sandra Ketcham)

Sakit kepala adalah sebuah masalah umum dengan beragam penyebab dan pengobatan. Rasa nyeri pada sakit kepala dapat berubah dari perlahan dan menyebalkan menjadi akut dan melemahkan. Pengobatan tergantung pada jenis sakit kepala tertentu dan penyebabnya, dan penggunaan obat-obatan adalah merupakan urutan pertama dalam pengobatan untuk kebanyakan penderita sakit kepala. Akan tetapi, beberapa orang mungkin tidak mampu atau tidak mau untuk meminum obat untuk menyembuhkan sakit kepala mereka. Untungnya, ada beberapa cara  untuk menyembuhkan sakit kepala tanpa obat.

Langkah pertama

Kendalikan stress dalam hidup anda dan libatkan diri dalam aktifitas yang menenangkan untuk melagakan ketegangan otot dan terlepas dari sakit kepala tanpa obat. Yoga, meditasi, aromaterapi dan taichi adalah metode yang luar biasa untuk menguragi tingkta stress dan meredakan ketegangan otot

Langkah kedua

Pijat leher anda, bahu, dan kepala menggunakan ujung jari-jari anda untuk melegakan ketegangan otot dan terlepas dari sakit kepala. Jika memungkinkan, tulislah teman atau rekan untuk memijatkan otot-otot anda untuk anda. Untuk sakit kepala yang rutin, anda mungkin ingin mengunjungi seorang terapis pijat yang berlisensi.

Langkah ketiga

Perhatikan postur tubuh anda. Berdasarkan Mayo Clinic, postur yang benar dapat mencegah sekaligus menyembuhkan sakit kepala dengan menyokong tubuh anda dan mencegah kram dalam otot, ligamen, urat, dan syaraf anda. Tahan kepala anda tinggi-tinggi dan bahu kebelakang saat berdiri, dan pastikan untuk menjaga betis anda paralel ke tanah saat duduk. Hindari merosot dan membungkuk.

Langkah keempat

Tempelkan es ke leher, kening, atau kulit kepala untuk menyembuhkan sakit kepala tanpa obat-obatan. Anda juga bisa mencoba merubah panas dan dinginnya. Lakukan mandi air panas yang lama, lalu ikuti dengan menambahkan kompres dingin ke bagian belakang leher anda

Langkah kelima

Hindari faktor lingkungan yang bisa menambah sakit kepala anda, seperti cahaya yang terlalu terang, suara yang terlalu keras dan air yang terlalu panas atau dingin. Faktor pemicu tersebut dapat membuat sakit kepala yang telah timbul memburuk pada beberapa orang dan dapat membuat sakit kepala baru muncul pada beberapa orang lainnya.

Langkah keenam

Tenang dan santai. Beberapa orang memperoleh sakit kepala setelah aktifitas fisik. Hal ini sering ditimbukan oleh kepanasan, dehidrasi atau kadar gula darah rendah. Minum air, makan snack dan berteduh umumnya akan menghilangkan sakit kepala dalam kasus-kasus tersebut.

Langkah ketujuh

Tidurlah dan bicara dengan dokter anda jika saat anda bangun pagi hari merasakan kelelahan. Bahkan sekalipun anda tidur dalam jangka waktu yang melebihi cukup, kualitas tidur anda mungkin dipengaruhi oleh gangguan tidur,obat-obatan, atau kondisi kesehatan lainnya. Kekurangan tidur adalah salah satu penyebab utama sakit kepala, dan itu juga merupakan salah satu hal yang paling mudah diperbaiki.

Langkah kedelapan

Jadwalkan sesi akupunktur untuk meredakan sakit kepala kronis. Akupunktur melibatkan penyisipan jarum yang sangat tipis ke salah satu titik spesifik dalam tubuh. Beberapa sesi akupunktur mungkin dibutuhkan untuk benar-benar menghilangkan sakit kepala

Langkah kesembilan

Cobalah biofeedback untuk menghilangkan sakit kepala, mengendalikan rasa nyeri, dan meredakan ketegangan. Sepanjang sesi biofeedback, anda akan dihubungkan ke alat yang memonitor detak jantung, tekanan darah, ketegangan otot, dan tingkat pernafasan. Menggunakan informasi  tersebut, anda bisa belajar untuk mengendalikan cara anda bereaksi terhadap rangsangan emosional dan fisik, yang akan merubah tingkat zat kimia tertentu dalam tubuh anda yang berhubungan dengan sakit kepala.

Langkah kesepuluh

Kunjungi  seorang chiropractor *)  untuk pemeriksaan penuh dan penyesuaian tulang belakang jika dibutuhkan. Cedera pada leher atau bahu mungkin menyebabkan ketegangan otot atau penyumbatan syaraf, yang keduanya dapat menyebabkan sakit kepala. Beberapa orang mengalami terbebas hampir secara langsung dari sakit kepala setelah penyesuaian chiropractic **).

Tips

Mencegah sakit kepala dengan membatasi konsumsi alkohol dan kafein, menghindari ketegangan dan kelelahan mata, mendapatkan istirahat yang cukup dan

Berhenti meminum pil pencegah kehamilan, terapi pergantian hormon atau pengobatan lainnya yang bisa menyebabkan sakit kepala anda. Kebanyakan obat-obatan berhubungan dengan sakit kepala dan penghentian penggunaan obat-obatan dapat cepat meredakan nyeri kepala.

Translated from happynews.com oleh onlyonegitarosseti

Catatan :

*)Chiropractor : orang yang melakukan terapi chiropractic.

**) Chiropractic : terapi pijat alternatif yang menelusuri wilayah tulang belakang, berasal dari Amerika dan masuk ke Indonesia sejak 1999. Terapi ini berfokus untuk memperbaiki posisi tulang belakang yang disinyalir menyebabkan berbagai penyakit seperti nyeri punggung dan leher.

Sumber : glministry.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s