[Review Buku ] Angel & Demon – Dan Brown


Judul           : Angel vs Demon

Pengarang : Dan Brown

Penerbit     : PT. Serambi Ilmu Semesta

Tebal            : 680 halaman

Berawal dari Robert Langdon yang tiba-tiba dikirimi sebuah fax berisi gambar yang sangat mengejutkan, foto seorang mayat yang dibunuh dengan sedemikian rupa dan dicap dengan sebuah lambing dari kelompok persaudaraan yang, diyakini para ilmuwan, telah lama mati, Illuminati.

Robert Langdon kemudian terbang menemui sang pengirim faks misterius tersebut yang ternyata merupakan seorang kepala institusi penelitian di Swiss ( CERN ). Robert Langdon kemudian ‘dipaksa’ untuk mencari tahu pelaku pembunuhan tersebut tanpa melibatkan peran serta dari pihak berwajib. Langdon kemudian dipertemukan dengan si anak angkat perempuan dari orang yang tewas tersebut yang ternyata adalah salah satu ilmuwan di CERN yang menguasai sebuah bidang keilmuwan fisika teologi, dimana bidang tersebut mengembangkan dan mengolah ilmu fisika sedemikian mungkin untuk menguatkan keberadaan Tuhan sebagai pusat dari segala kejadian alam semesta ini.

Berangkat dari kasus pembunuhan tersebut ternyata Robert Langdon justru dipertemukan dengan sebuah kasus yang jauh lebih besar dan lebih rumit. Langdon dan Vittoria, nama anak perempuan ilmuwan CERN yang tewas itu, ‘dituntun’ ke Vatican setelah tabung antimateri yang merupakan milik ilmuwan yang tewas itu hilang secara tiba-tiba dari CERN, padahal tabung antimateri itu memiliki sebuah kekuatan yang sangat dahsyat, yang akan sangat berbahaya jika jatuh ke tangan orang yang salah. Vatican, diduga menjadi sasaran keberadaan tabung itu karena merupakan kota dimana pada saat itu pemilihan Paus sedang terjadi. Ternyata kasus pembunuhan itu belum selesai,  di Vatican, Langdon, Vittoria beserta penanggungjawab gereja dan keamanan Vatican yang bertugas pada saat itu, mendapat telepon dari orang yang mengaku bertanggungjawab atas pembunuhan tersebut, anggota kelompok persaudaraan Iluminati. Kelompok itu mengaku bertanggungjawab pula akan hilangnya empat orang kandidat terkuat Paus yang belum juga datang ke kapel tempat pemilihan tertutup itu diadakan. Bahkan kelompok itu memberikan ancaman yang jauh lebih mengerikan, setiap satu jam, satu dari keempat calon Paus itu akan dibunuh di tempat publik dan mereka menantang gereja untuk menemukan tempat-tempat tersebut dengan memberikan sebuah petunjuk.

Author comment : Dibuka dengan paparan isi fax yang cukup mengejutkan, saya dibuat agak merinding karena membaca larut malam.haha, seperti biasa, alur cerita Dan brown susah ditebak. Kita diajak menebak-nebak siapa kah dalang dibalik semua kasus yang terjadi di CERN dan juga Vatican. Apakah si kepala keamanan militer yang sedari awal terlihat begitu mencurigakan karena seringkali menentang upaya Langdon untuk mencari tabung antimateri dan keberadaan kelompok Illuminati, Apakah justru si kepala institute penelitian CERN yang kelihatan lemah secara fisik, tapi cerdas luar biasa dan kelihatan licik dan tidak simpatik, ataukah justru ada pihak lain yang kelihatan innocent, tapi ternyata memiliki niatan iblis di dalam hatinya ? Well, find out more in the book. As usual, I borrow the book from BAPUSDA JABAR.🙂

** ) GOtta change the image later. The image above is for the DVD movie, and its not mine, credit : to the owner of the image.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s